Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia

Penyakit tidak menular merupakan kelompok terbesar penyakit penyebab kematian di indonesia. Meskipun memang beberapa penyakit menular seperti TBC juga merupakan penyebab kematian dalam jumlah yang tinggi namun secara keseluruhan, kelompok penyakit tidak menular tetap saja menempati posisi tertinggi. Tingginya tingkat kematian beberapa penyakit dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan informasi tentang penyakit tersebut, pola hidup yang kurang sehat, fasilitas kesehatan yang kurang memadai termasuk juga aksesnya yang sulit terutama pada daerah terpencil, serta faktor ekonomi yang menyebabkan masyarakat enggan untuk berobat dan mendapatkan pengobatan terbaik.

Ada beberapa penyakit yang merupakan penyebab kematian tinggi di indonesia,Berikut ini akan kita bahas lima diantaranya.

Penyakit jantung penyebab kematian tertinggi di indonesia dan juga dunia. Tingkat kematian yang tinggi ini sering disebabkan karena penderita tidak sadar akan penyakit jantung yang dideritanya. Penyakit jantung sering tidak menimbulkan gejala yang jelas atau bahkan tidak memiliki gejala sama sekali, sehingga penyakit jantung juga sering dimasukkan dalam kategori "Silent Killer". Karena penyakit jantung bukan penyakit menular, maka penyebab utama penyakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat dan kelainan genetik.

Penyakit pernapasan yang satu ini merupakan kategori penyakit menular.Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri mycobacterium tubercolosis dan ditularkan lewat udara. Obat penyakit TBC sebenarnya sudah sangat memadai dan memiliki tingkat penyembuhan yang tinggi, namun karena akses dan tingkat ekonomi yang rendah menyebabkan penyakit ini menyebabkan kematian yang tinggi.

Penyakit diabetes melitus bukan merupakan penyakit menular dan utamanya diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat. Diabetes melitus dapat menyebabkan beberapa komplikasi antara lain kebutaan, lumpuh dan beberapa penyakit lain. Dua tipe diabetes melitus adalah tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Penyakit stroke diakibatkan karena tersumbatnya pembuluh darah ke otak atau lebih jauh lagi stroke dapat diakibatkan karena pecahnya pembuluh darah ke otak. Ada dua tipe stroke yaitu stroke hemoragik dan stroke iskemik.

diare merupakan kondisi BAB berlebih, diare dapat disebabkan karena infeksi terutama oleh bakteri E coli, keracunan makan serta alergi terhadap makanan tertentu.

Semoga sedikit informasi diatas dapat membantu dan berguna serta menjadikan kita lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 22.58

0 komentar:

Posting Komentar