Jenis Penyakit Jantung

Berbagi Informasi kali ini akan membahas jenis dan macam-macam penyakit jantung. selain penyakit kanker, penyakit jantung merupakan penyakit penyebab kematian yang tinggi di dunia. Fungsi jantung utama jantung adalah memompa darah keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. oleh karena fungisnya tersebut pula maka Penyakit jantung sebenarnya hanya disebabkan oleh dua hal yaitu kegagalan jantung memompa darah (memberikan suplai darah) keseluruh tubuh dan jantung yang memompa darah terlalu kuat. berikut ini adalah beberapa jenis penyakit jantung yang akan kita bahas.

Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner disebabkan oleh kurangnya pasokan darah ke jantung sehingga jantung tidak dapat bekerja secara optimal. perokok, orang dengan obesitas, diabetes, konsumsi alcohol yang berlebihan dan kurang olah raga merupakan faktor yang meningkatkan resiko orang terkena penyakit jantung koroner. Langkah pencegahan yang dapat anda lakukan agar tidak terkena penyakit jantung koroner adalah menjauhi atau menhindari faktor resiko tersebut.

Cardiomyopathy
Cardiomyopathy adalah penyakit jantung yang diakibatkan oleh kelaianan otot jantung (miokardium), cadiomyopathy sering kali menyebabkan arrhythmia. Cardiomyopthy digolongan menjadi dua jenis yaitu cardiomyopathy ekstrinsik dan intrinsik. Gejala awal paling umum penderita cardiomyopathy adalah sesak nafas.

Penyakit Kardiovaskuler
Penyakit kardiovaskuler adalah penyakit jantung yang terjadi akibat ketidaknormalan pada pembuluh jantung atau darah (arteri dan vena), biasanya para ahli menggunakan istilah aterosklerosis (penyakit pada arteri) untuk menyatakan penyakit kardiovaskuler. Langkah pencegahan untuk menghindari terkena penyakit kardiovaskuler (atau aterosklerosis) adalah diet lemak, mengkonsumsi serat yang cukup, berhenti atau tidak merokok, jangan mengkonsumsi alkohol berlebih, batasi konsumsi garam dengan memberikan garam secukupnya pada makanan (konsumsi garam yang baik <6gram perhari) dan olah raga setidaknya 30 menit setiap hari.

Penyakit Jantung Iskemik
Diakibatkan karena kurangnya suplai darah pada otot jantung, penyakit jantung iskemik sangat erat kaitannya dengan aterosklerosis. Orang yang menderita penyakit jantung iskemik biasanya akan merasakan sesak nafas pada saat beraktifitas berat atau cuaca dingin, nyeri dada akut dan kesulitan bernafas.

Hipertensi
Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah jauh melebihi batas normal, Kondisi ini (tekanan darah tinggi) dapat menyebabkan beberapa penyakit lanjutan antara lain:
  • Hipertrofi ventrikel kiri
  • Penyakit jantung koroner 
  • Gagal jantung kongestif 
  • Hipertensi kardiomiopati 

Gagal Jantung
Gagal jantung atau sering kali disebut gagal jantung kongestif secara umum diartikan sebagai kegagalan jantung untuk memompa darah(mensuplai darah) keseluruh tubuh. Penyebab umum dari gagal jantung kongestif adalah infark miokard, kardiomiopathy dan penyakit katup jantung.

Inflamasi Jantung
Inflamasi jantung adalah peradangan yang terjadi pada otot jantung dan atau pada jaringan disekitarnya.  Inflamasi jantung dapat terjadi pada lapisan dalam jantung (Endokarditis), Kordiomegali, dan pada miokardium (miokarditis)

Penyakit Katup Jantung
Seperti yang anda ketahui bahwa jantung manusia terdiri dari empat katup. Penyakit katup jantung atau kelainan katup jantung dapat mempengaruhi satu atau lebih katup jantung,

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 10.32

0 komentar:

Posting Komentar