Menjaga Kesehatan : Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kali ini kita akan Berbagi Informasi cara mencegah penyakit jantung dan stroke. Penyakit jantung dan stroke adalah penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat indonesia. Bahkan penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan dapat dialami oleh semua orang tidak memandang ras, status dan kasta.  Dalam postingan kali ini memang penyakit jantung dan penyakit stroke segaja kami satukan karena memang kedua penyakit ini memiliki kedekatan. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengobati penyakit stoke dan jantung. Selain  Penggunaan obat jantung dan stroke, Salah satu cara mudah untuk mencegah anda terkena penyakit jantung dan stroke adalah memperbaiki pola makan. Lalu Bagaimana pola makan yang baik tersebut? Berikut ini adalah ulasan singkat tentang pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan anda, dan menjauhkan anda dari penyakit jantung dan stroke.
  • Makan 5 Sajian Buah dan Sayur Tiap Hari

Buah dan sayuran mengandung zat yang membantu mencegah stroke dan penyakit jantung. Zat-zat tersebut berguna untuk melindungi pembuluh darah, jantung dan otak. Seseorang sebaiknya mengkonsumsi sedikitnya 5 sajian (sekitar 400 - 500 gram) buah segar dan sayuran setiap harinya. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan satu sajian adalah sebagai berikut; satu buah pisang, apel, jeruk atau mangga masing-masing adalah satu sajian buah, Dua sendok makan sayur yang sudah dimasak adalah satu sajian untuk sayuran. Dengan mengetahui hal tersebut maka anda akan lebih mudah mengetahui apakah konsumsi buah dan sayuran anda sudah cukup hari ini?
  • Hindari Konsumsi Makanan Asin dan Garam
Salah satu makanan yang mengandung banyak garam adalah ikan laut, selain ikan laut, fast food juga biasanya mengandung banyak garam di dalamnya dan bila anda dirumah memasak sendiri makanan untuk keluarga maka sangat disarankan jangan menggunakan terlalu banyak garam, standar dalam menggunakan garam adalah 5 gram setiap harinya.
  • Makanlah Lebih Banyak Serat
Serat dapat melindungi terjadinya serangan jantung dan stroke. Makanan yang banyak mengandung serat antara lain kacang-kacangan,  buah-buahan dan sayuran.
  • Makanlah Setidaknya 2 Sajian Minyak Ikan Seminggu Sekali
 Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, seperti eicosapentanoic acid (EPA) dan docosahexanoic acid (DHA). EPA dan DHA membantu melindungi seseorang dari serangan jantung dan stroke dengan cara mencegah penggumpalan darah. Satu sajian minyak ikan adalah sekitar 200ml
  • Batasi Konsumsi Alkohol atau Berhenti Bila memungkinkan
Konsumsi alkohol tidak baik untuk kesehatan jantung, meskipun beberapa ahli mengklaim konsumsi alkohol dengan batasan tertentu baik untuk kesehatan.
  • Berhentilah Merokok
Rokok banyak sekali mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan, Bahkan merokok bisa dikatakan tidak mempunyai dampak positif apapun bagi kesehatan. bagi anda yang sudah merokok sebelumnya saya telah berbagi informasi tentang tips untuk berhenti merokok
  • Batasi Konsumsi Makanan Berlemak
Lemak adalah makanan kaya energi, Bila konsumsi makanan berlemak anda tinggi dengan tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup maka lemak akan ditimbun dalam tubuh anda. Efek dari timbunan lemak ini akan meningkatkan berat badan anda, Apalagi lemak jenuh yang banyak mengandung kolesterol "jahat" akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Sedangkan konsumsi lemak tidak jenuh beresiko lebih rendah, namun lemak jenis ini dapat meningkatkan berat badan. Contoh makanan sumber lemak jenuh dan kolesterol tinggi adalah mentega, krim keju, santan, makanan siap saji, hati dan jeroan, kuning telur, coklat dan makanan yang di goreng dengan minyak jelantah. Makanan lemak tak jenuh dengan kolesterol tinggi adalah kacang-kacangan, minyak jagung, minyak ikan, minyak kedelai, mentega lunak, konsumsilah makanan tersebut dalam jumlah normal seperti yang telah di bahas sebelumnya.
Tips memasak untuk mengurangi kandungan lemak dalam masakan :
  • Gunakan sedikit saja minyak goreng
  • Pilihkan Metode memasak dengan merebus, kukus atau mungkin menggunakan microwave
  • Hilangkanlah lemak yang menempel pada daging sebelum dimasak, Misal untuk ayam, maka hilangkan dahulu kulitnya
Semoga bermanfaat dan Kita semua diberkahi dengan kesehatan. Karena kesehatan akan jadi sangat berharga dan paling diingikan semua orang melebihi apapun yang bisa kita nikmati ketika kita tidak mendapatkannya.

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 13.14

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus