Penyakit Gagal Jantung

Salah satu penyakit jantung yang sering menyerang dan menyebabkan kematian adalah gagal jantung. Gagal jantung terjadi apabila jantung tidak menerima suplai dan asupan darah yang cukup sehingga jantung kehilangan kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sebagai akibatnya fungsi organ diseluruh tubuh menjadi terganggu. Efek lain dari terjadinya gagal jantung adalah jumlah atau volume air di dalam tubuh akan meningkat, hal ini di karenakan jantung kehilangan fungsi memompa darah. Penyebab utama penyakit gagal jantung adalah kerusakan otot jantung sebagai akibat dari serangan jantung yang sering terjadi atau dialami penderita penyakit jantung.

Faktor Resiko Penyakit Gagal Jantung:
ada beberapa faktor resiko gagal jantung, resiko Penyakit gagal jantung paling tinggi biasanya dialami oleh penderita serangan jantung atau orang yang pernah mengalami serangan jantung. Resiko terkena gagal jantung cenderung akan meningkat pada usia diatas 65 tahunan.
Faktor resiko lain yang dapat meningkatkan resiko penyakit gagal jantung adalah:
  • hipertensi
  • Abnormalitas katup jantung, mengakibatkan jantung tidak mampu memompa darah
  • Penyakit jantung rematik yaitu peradangan pada jantung karena bakteri
  • Penyakit jantung kongenital atau turunan
  • diabetes melitus
Penyebab gagal jantung lainnya adalah:

    * Penyakit otot jantung
    * Penyakit Paru parah
    * Penyakit tiroid

Namun ketiga faktor terakhir diatas sangat jarang terjadi atau mengakibatkan gagal jantung.

Gejala Gagal Jantung
gejala gagal jantung yang biasa terjadi pada tahap awal serangan gagal jantung biasanya muncul setelah melakukan aktivitas fisik terutama aktivitas fisik berat seperti sepak bola, bulutangkis atau olahraga lainnya yang merupakan aktivitas fisik berat. Ketika penyakit gagal jantung yang diderita semakin berat maka gejala yang ditimbulkan akan bertahan lebih lama pula. Gejala gagal jantung meliputi:

    * Kesulitan bernapas hingga sesak napas
    * Keletihan dan Lemas
    * Rasa nyeri yang sangat pada persendian, kaki, telapak kaki, atau perut.
    * Berat badan bertambah, hal ini dikarenakan meningkatnya volume air dalam tubuh
    * Batuk, terutama terjadi pada malam hari atau pada saat berbaring dan dapat menjadi batuk berdahak.

Penanganan dini Gagal jantung
Bila anda merasa mengalami gagal jantung maka sangat disarankan untuk menghubungi dokter secepatnya. Jangan menunggu hingga gejala yang muncul hilang, meskipun gejala tersebut cepat hilang. Gejala-gejala yang telah disebutkan diatas meskipun mungkin cepat hilang atau sembuh namun keadaan tersebut dapat menjadi pertanda awal penyakit yang lebih parah sedang terjadi.

Pengobatan Gagal Jantung
Pengobatan atau perawatan bagi penderita gagal jantung sangat bergantung pada tingkat gagal jantung yang dialami. Namun tahap perawatan atau pengobatan gagal jantung biasanya meliputi;

    * Diagnosis : Meliputi pemeriksaan riwayat medis pasien, pemeriksaan fisik, dan tes untuk mendeteksi penyebab gagal jantung yang dialami pasien dan sejauh mana kerusakan yang telah diakibatkan oleh penyakit tersebut.
    * Pengobatan jangka pendek penyakit gagal jantung : apabila kondisi penyakit sangat berat, pengobatan jangka pendek biasanya dilakukan untuk sesegera mungkin menghilangkan gejala yang timbul dan menekan atau menghilangkan penyebab gagal jantung terjadi.
    * Pengobatan jangka panjang penyakit gagal jantung : Pengobatan jangka panjang penyakit ini biasanya diperlukan kunjungan rutin ke dokter dan terutama sekali adalah mengubah pola hidup seperti diet dan menghindari konsumsi alkohol. (penggunaan obat dan merubah pola hidup)

Obat Penyakit Gagal Jantung, beberapa jenis Obat gagal jantung yang paling sering digunakan untuk mengobati penderita gagal jantung adalah

    * Obat Golongan Diuretik, dimaksudkan untuk mengurangi akumulasi air dalam tubuh
    * Obat Golongan ACE-Inhibitor, dimaksudkan untuk mengendurkan pembuluh darah sehingga akan berakibat mengurangi beban kerja jantung. Salah satu contoh ACE-inhibitor adalah Captopril
    * Glikosida jantung, dimaksudkan untuk menguatkan kembali otot jantung dan membantu pemompaan jantung
    * Obat-Obat lain yang berfungsi mengendurkan pembuluh darah
    * Obat Golongan Penghambat Beta (beta blocker) dimaksudkan untuk mengurangi denyut jantung.

berikut ini adalah pola hidup yang harus dilakukan untuk mendukung keberhasilan pengobatan gagal jantung, Bagi anda yang belum terkena, Pola hidup ini juga dapat menghindarkan anda dari penyakit gagal jantung adalah

    * Berhenti merokok
    * Memperbaiki pola makan
    * Berolahraga dan mengontrol berat badan
    * Mengontrol tekanan darah
    * Mengontrol kadar gula darah
    * Menurunkan kadar lemak darah

demikian postingan dari berbagi informasi kali ini yang membahas tentang gagal jantung, semoga sedikit postingan ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang membacanya.

    Posted by: Polobye Sidauruk
    Berbagi Informasi Updated at: 13.17

    0 komentar:

    Posting Komentar