Manfaat Buah Manggis

Berbagi Informasi akan membahas tentang manfaat buah manggis bagi kesehatan. Tanaman dengan nama latin (Garcinia mangostana L.) ini merupakan salah satu tanaman asli indonesia. Manggis dipercaya berasal dari pulau kalimantan dan mulai menyebar dan dikenal pada abad ke 17. Pohon manggis dapat mencapai tinggi 10 hingga 25 meter Saat ini manggis menjadi salah satu buah yang banyak dikenal bukan karena tanpa alasan, berikut berbagi informasi akan mengupas informasi seputar kulit, buah manggis beserta manfaatnya.

Manfaat Pada Manggis
Buah manggis terdiri dari kelompok utama yaitu kulit manggis dan buahnya, dengan perbandingan 66% kulit dan 34% adalah buahnya. Dengan komposisi kandungan seperti ini tentunya prosentase bagian yang dapat digunakan dan yang dibuang biasanya lebih banyak yang dibuang. 

Kandungan pada kulit manggis dan Manfaatnya
Kulit manggis berwarna merah keunguan dan sulit dibersihkan hal ini disebabkan karena kulit manggis mengandung tanin, resin, dan crystallizable mangostine (C20H22O5), yang larut dalam alkohol dan senyawa ether namun tidak dengan air. Kandungan senyawa tannin dalam kulit buah manggis mencapai 13%, kandungan tanin pada kulit manggis yang tinggi ini menyebabkan rasa pahit pada kulit buah manggis. Selain menyebabkan rasa pahit, kandungan tanin juga berkhasiat untuk mengobati diare kronis dan gonore. Kulit buah manggis mengandung xanthone sebagai antioksidan yang kuat, sangat dibutuhkan dalam tubuh sebagai penyeimbang prooxidant yang ada di lingkungan manusia.

Kandungan pada Buah manggis dan Manfaatnya
Tidak seperti kulitnya yang pahit, Buah manggis terasa manis dan nikmat. Buah manggis mengandung serat dan karbohidrat, serta banyak sekali vitamin A, B2, B6 dan vitamin C dan berbagai mineral (zat besi, kalsium, kalium, dll). Manfaat buah manggis yang paling banyak dikenal adalah sebagai antioksidan bahkan manfaat buah manggis sebagai antioksidan dipercaya 66,7 kali lebih banyak dari pada wortel dan 8,3 kali dari pada jeruk, dan kandungan stilbenes pada buah manggis juga sangat bermanfaat sebagai antifungi atau obat jamur.

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 14.43

0 komentar:

Posting Komentar