Olahraga Sehat Pada Masa Kehamilan

Masa kehamilan memang memerlukan perlakuan khusus untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Selain menjaga kualitas makanan, ibu hamil juga masih perlu untuk melakukan beberapa olahraga yang juga akan sangat membantu kebugaran selama masa kehamilan. Selain menjaga kebugaran, Olahraga yang teratur dan benar menurut porsinya selama masa kehamilan dapat mengurangi sakit pada saat melahirkan.berikut ini adalah jenis olahraga yang baik bagi ibu hamil.

Jenis Olahraga yang baik bagi ibu hamil
  • Jalan Santai, Jalan santai sangat baik dan dianjurkan bagi ibu hamil. Jalan santai membantu menjaga kebugaran tubuh dan menjaga jantung tetap sehat, tanpa harus memperoleh rasa sakit pada lutut dan pergelangan kaki, ini juga sangat mudah dilakukan hampir dimana saja serta aman pada masa-masa kehamilan.
  • Renang Konsultan Kesehatan dan ahli kebugaran percaya bahwa berenang sebagai olahraga yangterbaik dan paling aman untuk wanita hamil. Berenang sangat ideal karena melibatkan otot-otot besar pada tangan dan kaki, memberikan sensasi yang lebih ringan walau bertambahnya berat tubuh karena kehamilan.
  • Stretching, Stretching atau perenggangan sangat bagus dilakukan untuk melemaskan otot-otot pada tubuh, relaksasi dan mencegah ketegangan otot yang mengakibatkan rasa sakit, pegal, dan nyeri otot
Hal yang Perlu diperhatikan Ketika Berolahraga
  • Olahraga memang sangat baik bagi ibu hamil, jika dilakukan dengan baik dan benar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan olahraga adalah:
  • Lakukan pemanasan ringan selama 5-10 menit
  • Batasi durasi olahraga 30 menit sudah cukup, atau hentikan sebelum anda merasa lelah
  • Hindari olahraga yang menggunakan punggung pada kehamilan trimester 1

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 00.21

0 komentar:

Posting Komentar