Penyakit Ginjal, Gangguan pada Ginjal

Berbagi informasi kesehatan kali ini akan membahas penyakit Ginjal atau gangguan yang terjadi pada ginjal. Gangguan fungsi ginjal dapat diakibatkan karena beberapa hal antara lain penyakit ginjal karena faktor keturunan (genetik), Infeksi serta dapat juga disebabkan oleh penyakit lain yang berdampak pada penurunan fungsi ginjal.

Berikut ini adalah beberapa penyakit pada ginjal:

Penyakit Gagal Ginjal
Gagal ginjal merupakan keadaan dimana ginjal tidak dapat berfungsi sama sekali. Beberapa fungsi utama ginjal adalah menyaring darah, menjaga keseimbangan cairan, mengatur tekanan darah. Penyakit gagal ginjal dapat disebabkan karena faktor keturunan dan dapat juga merupakan lanjutan dari penyakit lain seperti hipertensi, diabetes mellitus dan sebagainya. penyakit gagal ginjal dapat digolongkan menjadi dua yaitu gagal ginjal akut yang biasanya ditandai dengan bengkak pada mata kaki, sedikit buang air kecil dan sakit pada saat buang air kecil, sakit pinggang yang hebat dan beberapa gejala lain. Penyakit gagal ginjal kedua adalah gagal ginjal akut dengan gejala yang biasa terjadi adalah sedikit buang air kecil, sesak nafas pucat dan kelainan pada urine.
Penyebab Gagal Ginjal
Beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena gagal ginjal adalah
Batu Ginjal
Batu ginjal adalah sebuah gangguan pada ginjal dikarenakan karena adanya sumbatan yang disebabkan oleh zat padat di sepanjang saluran kemih. Proses pembentukan batu ginjal disebut sebagai urolitiasis, proses pembentukan batu ginjal biasanya melibatkan kalsium dan atau asam urat.
Efek yang ditimbulkan oleh batu ginjal sangat bergantung pada ukuran batu ginjal itu sendiri, Batu ginjal berukuran kecil seringkali tidak menimbulkan efek atau tidak dirasakan, sedangkan untuk ukuran batu ginjal yang besar biasanya menimbulkan gejala rasa mual, urine lebih keruh dan berbau menyengat, dan rasa sakit pada pinggang bawah.

Nefritis
Nefritis adalah kerusakan pada glomerulus ginjal akibat infeksi yang umumnya bakteri streptococcus. Bakteri ini umumnya masuk melalui saluran penafasan kemudian terbawa sistem darah hingga menginfeksi ginjal. Selain diakibatkan oleh infeksi bakteri Nefritis juga dapat diakibatkan oleh kelainan sistem imun.
Gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita Nefritis adalah nyeri ketika berkemih, adanya nanah pada urine, nyeri pada daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggul dan demam

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 07.44

1 komentar:

  1. Makasih gan buat infonya...
    Ijin baca info tentang penyakit ginjalnya

    BalasHapus