Alergi

Alergi adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu yang masuk atau kontak dengan tubuh. terkadang orang ada yang alergi terhadap debu, bulu kucing, telur bahkan zat kimia tertentu yang terkandung dalam obat.

Tentang Alergi

  • Alergi melibatkan proses yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh
  • Alergen adalah zat yang asing yang merangsang tubuh untuk memperoduksi IgE secara berlebihan dan menyebabkan alergi
  • IgE adalah antibodi alergi.
  • Alergi dapat terjadi pada usia berapa pun.
  • Alergi dapat berkaitan dengan histori alergi keluarga

Mengapa terjadi Alergi
Proses awal terjadinya alergi sebenarnya adalah proses yang normal bagi tubuh.  Ketika terjadi kontak atau masuknya zat asing kedalam tubuh secara otomatis sistem kekebalan tubuh manusia akan melakukan respon untuk untuk mengenali dan bereaksi terhadap zat asing tersebut dengan menciptakan protein-protein pelindung yang biasa kita sebut sebagai antibody atau immunoglobulin (IgG, IgM, IgA, IgD). Sampai disini prosesnya terlihat normal, namun pada orang yang alergi terhadap zat tertentu ketika ia terkena zat tersebut akan menciptakan immunoglobulin khusus yaitu IgE, yang mana IgE ini justru beraksi terhadap zat yang tidak berbahaya seperti bulu kucing, telur.

Sebenarnya semua orang memiliki IgE termasuk orang yang tidak alergi terhadap zat tertentu, namun pada kasus orang dengan alergi produksi IgE meningkat pada bagian tubuh yang terpapar allergen, peningkatan ini menyebabkan sel membengkak dan memerah. Peningkatan aktivitas ini juga melepaskan berbagai zat kimia diantaranya histamin yang menyebabkan peradangan dan reaksi alergi yang khas.


Pencegahan dan Obat Alergi
Tahap terpenting dalam mencegah alergi adalah kenali diri anda, apakah anda alergi terhadap zat tertentu. Langkah berikutnya adalah lakukan pencegahan atau hindari zat-zat tersebut. Misalnya anda alergi bulu kucing maka jangan pelihara kucing, alergi telur ya jangan makan telur. jadi untuk pencegahan yang paling penting adalah kedisiplinan.

Obat Alergi
Berikut ini adalah beberapa obat yang dapat meringankan atau menyembuhkan gejala alergi.
  • Antihistamin, secara simple antihistamin bekerja dengan menghambat histamin bekerja dengan reseptor. Dengan dihambatnya histamin pada reseptor maka gejala alergi tidak terjadi atau lebih simple lagi tidak terjadi alergi.
  • Dekongestan, bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan pada jaringan sel yang terkena alergi. Biasanya dekongestan digunakan bersamaan dengan antihistamin untuk mempercepat proses penyembuhan. antihistaminnya untuk menghentikan reaksi alergi dan dekongestannya untuk menghilangkan peradangan (bengkak, kulit yang memerah).
  • Kortikosteroid, mengurangi peradangan atau inflamasi pada reaksi alergi
  • Terapi imun, cara ini dapat mengobati alergi hingga sembuh, tidak seperti ketiga obat diatas yang hanya bekerja dengan mengurangi gejala alergi yang terjadi. Terapi imun bertujuan untuk meningkatkan tolerasi tubuh terhadap alergen tertentu sehingga ketika tubuh tepapar zat tersebut tidak terjadi produksi IgE yang berlebihan.
Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya bahwa kerja obat dapat digolongkan jadi 2 macam yaitu yang pertama obat yang bekerja dengan mengurangi atau menghilangkan gejala dan yang kedua adalah yang menyembuhkan.

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 12.28