Tips Buka Usaha Apotek

Banyak orang merasa jenuh menjadi pegawai dan ingin banting setir menjadi pengusaha. Salah satu pilihan yang mungkin dapat anda lirik adalah usaha apotik. Ada beberapa Tips buka usaha apotek yang perlu diperhatikan agar usaha apotek anda dapat berkembang dan terus berkembang. 

Letak Apotek
Sama seperti usaha lain tempat yang strategis juga merupakan salah satu faktor agar apotek anda dapat berkembang. Tempat strategis sangat erat kaitannya dengan jauh dekatnya tempat apotek anda dengan konsumen. Letak apotek yang termasuk dalam kategori bagus adalah dekat dengan rumah sakit, atau praktek dokter dengan harapan pasien-pasien dari rumah sakit atau praktek dokter menebus obat di apotek anda.

Harga yang Kompetitif
Semua orang pasti ingin membeli dengan harga murah inilah hukum alam. Rata-rata apotik menjual obat dengan margin keuntungan 20 - 25 persen. Bila anda ingin memiliki apotek dengan harga obat bersaing ada beberapa cara yang dapat anda tempuh antara lain:
  • Kurangi margin keuntungan anda menjadi 15%
  • Belanja obat dengan harga lebih murah sehingga dengan margin 20 - 25 persen, harga obat anda tetap lebih murah. Hal ini dapat dilakukan dengan belanja obat di subdis atau belanja dengan jumlah banyak dan mintalah diskon tambahan dari team marketing obat tersebut.
Pelayanan dan Tampilan
Pelayanan yang prima dari anda kepada pelanggan akan membuat pelanggan merasa puas sehingga promosi dari mulut ke mulut akan berjalan efektif. Pemberian pelayanan prima dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan kepada  tiap konsumen dengan jelas, jangan biarkan konsumen menunggu serta tingkatkan tampilan apotek anda dengan layout yang menarik dan seragam kepada pegawai. Untuk mendukung tampilan dan layout apotek anda dapat menyusun box atau kardus obat kosong di atas etalase agar terkesan apotek anda lengkap dan "besar".

Kerjasama
Untuk meningkatkan jumlah pembelian obat di apotek anda dapat melakukan kerja sama dengan dokter disekitar anda. Bila memungkinkan sisakan ruang di apotek anda untuk tempat praktek dokter dengan harapan Resep dari dokter tersebut akan dibeli di apotek anda. Bila hal tersebut tidak memungkinkan maka anda dapat melakukan kerja sama dengan dokter praktek di sekitar anda untuk mengarahkan agar pasiennya membeli obat di apotek anda. Untuk melakukan kerja sama ini tentunya anda harus menyediakan jenis obat yang biasa diresepkan oleh dokter tersebut. Untuk masalah fee nya silahkan anda bicarakan sendiri dengan dokternya ya.

Ketersediaan Obat
Obat yang lengkap di apotik akan meningkatkan citra apotik di masyarakat dan merupakan cara yang baik untuk promosi mulut kemulut. Semakin lengkap sebuah apotik akan membuat masyarakat selalu kembali berbelanja apotik anda. Bila memang modal kita pas-pasan kita dapat mensiasati hal ini dengan melakukan seleksi obat yang akan kita sediakan dengan mengacu pada permintaan obat didaerah anda dan kesepakatan kerjasama anda dengan dokter.

semoga sukses

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 01.30

0 komentar:

Posting Komentar