Tips Bagi Ibu Hamil

Berbagi Informasi kesehatan kali ini akan membahas aneka tips bagi ibu hamil. Kehamilan merupakan sesuatu yang tentunya sangat membahagiakan dan tanda awal dari sebuah kehidupan. Masa kehamilan merupakan masa yang sangat rentan, dan tidak semua ibu hamil mengalami gejala dan keluhan yang sama. Beberapa keluhan yang paling banyak dirasakan oleh ibu hamil adalah rasa mual atau morning sickness. Namun tidak semua ibu merasakan mual pada saat hamil. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda, terutama bagi ibu-ibu yang sedang hamil. 

Mengurangi mual pada saat kehamilan

-    Makanlah makanan tinggi protein dan karbohidrat dan hindari makanan berminyak
-    Pada saat akan bangun pagi janganlah langsung berdiri tetapi duduk dahulu dan bersantai
-    Mengkonsumsi vitamin B 6 biasanya dapat membantu mengurangi mual pada kehamilan

Posisi tidur yang baik
Bagi ibu hamil posisi tidur mencari posisi tidur yang nyaman dan baik untuk sang buah hati memang merupakan hal yang penting, dengan tidur nyaman maka kesehatan ibu dan anak akan semakin sehat. Para ahli kehamilan berpendapat bahwa setelah usia kehamilan memasuki 16 minggu, posisi tidur ibu hamil yang baik adalah miring ke kiri. Posisi tidur miring kekiri akan memberi keuntungan bagi bayi karena pada posisi ini aliran darah ke plasenta akan maksimal. Selain itu tidur miring ke sisi kiri pada ibu hamil juga dapat mengurangi pembengkakkan kaki dan tangan.

Meningkatkan kecerdasan anak
Semua ibu tentu sangat ingin bila anaknya kelak menjadi orang yang cerdas, untuk mencapai hal tersebut tidak ada salahnya kita berusaha semenjak anak masih dalam kandungan. Ada beberapa cara yang dipercaya dapat dilakukan oleh ibu hamil agar anaknya kelak menjadi cerdas. Berikut ini tips kehamilan agar anak menjadi cerdas: 
  • Penuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil agar pertumbuhan otak janin optimal, toh sekarang sudah banyak susu ibu hamil yang lengkap untuk kebutuhan nutrisi ibu dan bayi.
  • Jaga kondisi jiwa si ibu dengan baik, Menghindari tekanan dan stress berlebih pada ibu hamil.
  • Berikan stimulan atau sugesti positif bagi si janin. Sugesti ini dapat dilakukan oleh ibu maupun ayah sibayi.
  • Mendengarkan musik klasik  juga dipercaya mampu merangsang pertumbuhan otak bayi.
OlahRaga Bagi Ibu Hamil
Olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu pada masa kehamilan adalah jalan kaki , renang dan senam hamil. Untuk Ibu hamil yang memilih jalan kaki sebagai olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena tentunya udara lebih segar dan tidak terlalu ramai. Bila anda memilih melakukan senam hamil maka disarankan lakukan dengan ahlinya di sanggar senam hamil.

Mengurangi Bengkak pada Kaki dan Tangan
Bengkak pada kaki dan tangan memang terkadang terjadi pada ibu hamil dikarenakan volume darah dan cairan yang meningkat pada masa kehamilan. Pembengkakan ini pada dasarnya normal namun bila pembengkakan yang terjadi "sangat mengganggu atau tidak normal" berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi pembengkakan tersebut:
  • Olahraga terutama jalan kaki
  • Kurangi makanan asin dan garam
  • Tidur dengan miring ke sisi kiri 
  • Istirahat cukup dan usahakan jangan berdiri terlalu lama
  • Mengkonsumsi apel pada beberapa ibu hamil efektif untuk mengurangi bengkak
  • Lakukan pijatan ringan pada kaki dan tangan
Demikian postingan aneka tips bagi ibu hamil semoga dapat memberikan manfaat

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 15.23

1 komentar:

  1. Thx..buat post tips bagi ibu hamilnya
    ane jadi tahu keluhan ibu hamil ama obatnya

    BalasHapus