Sakit Lutut, Nyeri pada Sendi Lutut

Lutut adalah sendi penghubung antara femur dan tibia, yang menyokong seluruh berat tubuh manusia. Karena beban tersebut sering kali terjadi sakit lutut terutama pada sendinya. Pada kasus nyeri lutut yang disebabkan karena cedera otot dan atau cedera tulang rawan lutut maka gejala yang dirasakan sangat jelas yaitu Nyeri pada lutut saat itu juga, Pada kasus lain  gejala yang timbul dapat berupa nyeri saat bergerak teruatama berjalan dan naik tangga, lutut terasa sakit dan kaku terutama setelah bangun tidur atau diam dalam waktu yang cukup lama.

Beberapa Hal yang dapat menyebabkan sakit/nyeri pada lutut adalah:
Arthritis
Arthitis adalah nyeri pada sendi. arthritis dapat diakibatkan oleh infeksi, cedera, rematik dan asam urat dan berbagi penyebab lain.
Cedera Otot / ligamen
nyeri lutut yang diakibatkan karena cedera otot biasanya dialami seseorang yang melakukan aktifitas berat seperti sepak bola
Obesitas
Karena lutut berfungsi untuk menyangga berat tubuh, pada orang yang mengalami berat tubuh lebih sering kali merasakan nyeri di lutut saat berdiri atau berjalan.
Gout
terjadi karena tingginya asam urat yang mengakibatkan endapan kristal monosodium urat pada sendi. Pada kasus asam urat sangat tinggi penderita biasanya akan mengalami sakit ketika berjalan bahkan dapat mengakibatkan cacat.

Manajemen Nyeri Lutut
Pengobatan nyeri lutut sangat bergantung pada penyebabnya, waktu pengobatan dan jenis pengobatan yang diambil juga bergantung pada kondisi pasien dan tingkat kerusakan pada lutut itu sendiri. Bila anda tidak tahu pasti penyebab nyeri anda dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengobatinya maka sangat disarankan anda segera menemui dokter atau mereka yang kompeten melakukan pengobatan pada lutut anda. Berikut ini adalah beberapa perawatan dan pengobatan nyeri lutut.
Istirahat
Bila anda merasakan nyeri lutut langkah pertama yang harus anda lakukan adalah istirahat. Selain untuk meredakan nyeri, istirahat juga berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan.
Kompres
Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk mengurangi nyeri pada lutut adalah dengan kompres baik menggunakan es maupun air hangat.
Terapi Fisik
Untuk memastikan lutut benar-benar sembuh dan berfungsi normal kembali disarankan anda melakukan terapi. Pada terapi fisik ini biasanya posisi dan gerak lutut akan diupayakan kembali seperti semula.
Jenis obat yang sering kali digunakan untuk mengobati nyeri lutut adalah anti-inflamasi, terutama golongan anti-inflamasi yang bersifat analgesik. Obat ini digunakan untuk mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.
Pembedahan
Pada beberapa kasus nyeri lutut yang parah terkadang diperlukan pembedahan sebagai langkah penyembuhan nyeri. Proses pembedahan lutut dapat dilakukan menggunakan Arthroskopi, dengan alat ini pembedahan pada lutut tidak akan mengakibatkan luka bedah yang besar (biasanya hanya 1 cm). Tindakan pembedahan juga dilakukan untuk menanamkan penyangga pada tulang lutut.

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 14.05

1 komentar:


  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus