Perlukah Ikut Asuransi Kesehatan?

Apakah ikut asuransi kesehatan itu penting dan perlukah ikut asuransi kesehatan bagi anda? mungkin pertanyaan ini adalah yang pertama terlintas dipikiran anda ketika ada opsi untuk ikut asuransi kesehatan. Pertanyaan berikutnya yang mungkin adalah Asuransi kesehatan mana yang bagus untuk diikuti.

Opsi ikut asuransi kesehatan mungkin perlu dipikirkan bagi mereka yang bekerja sebagai wirausaha atau karyawan yang perusahaannya tidak memberikan fasilitas asuransi kesehatan yang memadai. Untuk para Pegawai negeri sipil sudah ada Askes yang menjamin seluruh biaya kesehatan para PNS di negeri ini. BUMN dan perusahaan besar lainnya juga pasti sudah mengakomodasi kebutuhan asuransi kesehatan para karyawannya. lalu bagaimana dengan anda? apakah biaya kesehatan anda sudah ada yang menjamin?

Kesehatan memang tidak bisa diduga sama sekali, meskipun kita telah berusaha untuk menjaganya tetap saja ada kemungkinan kita jatuh sakit. Mungkin untuk penyakit ringan dan tidak membutuhkan biaya besar, maka asuransi mungkin tidak terasa manfaatnya. Namun pada kasus penyakit berat dan yang membutuhkan biaya besar seperti kanker maka keikutsertaan dalam asuransi kesehatan mungkin merupakan suatu anugerah.

Kriteria Asuransi Kesehatan yang baik
Setiap perusahaan (tak terkecuali perusahaan asuransi kesehatan) tentunya sudah menanamkan pada  karyawan terutama departemen marketing mereka bahwa Produk asuransi kesehatan merekalah yang paling baik. Tapi bagi pelanggan asuransi kesehatan tentunya memiliki kriteria sendiri dalam menilai mana asuransi kesehatan yang baik. Berikut ini adalah kriteria dan syarat sebuah produk asuransi dapat dikatakan sebagai produk asuransi yang baik.

1. Kemudahan Klaim, Asuransi kesehatan yang baik adalah asuransi yang memudahkan pemegang polisnya melakukan klaim sesuai dengan persyaratan dan prosedur yang berlaku. Terkadang produk asuransi menjanjikan klaim yang besar dalam promosinya namun realisasinya sangat sulit bahkan terkadan dipersulit. Maka pilihlah Perusahaan yang memberikan klaim pemegang polis sesuai dengan hak-haknya.

2. Besar manfaat atau klaim untuk rawat jalan dan rawat inap.
Tujuan kita ikut asuransi kesehatan adalah agar kita tidak perlu repot memikirkan biaya bila suatu saat kita atau anggota keluarga kita ada yang jatuh sakit. Tentunya anda dapat membandingkan manfaat asuransi atau biaya klaim sebuah produk asuransi kesehatan dengan biaya kesehatan di daerah anda. Misalkan periksa dokter anda bandingkan dengan biaya rawat jalan asuransi kesehatan anda, biaya kamar di rumah sakit di daerah anda dengan biaya rawat inap produk asuransi kesehatan anda. Tujuan membandingkan manfaat dan biaya pengobatan adalah agar anda dapat merasakan manfaat asuransi tersebut.

3. Masa Perlindungan
Asuransi kesehatan yang baik adalah asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan dengan jangka waktu yang panjang. Bila memungkin carilah asuransi yang memberikan perlindungan terpanjang hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda.

4. Penyakit kritis dan cacat tetap
Tanyakan dengan jelas pada perusahaan tempat anda ikut asuransi kesehatan, penyakit apa saja yang ditanggung oleh pihak asuransi. Apakah penyakit kritis tertentu seperti stroke, kanker dan penyakit jantung, dsb juga menjadi tanggungan dan adakah proteksi untuk kasus cacat tetap (baik karena penyakit maupun kecelakan)


Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 02.14

1 komentar:

  1. terima kasih......semoga tulisan ini menjadi bermamfaat bagi semua orang...sukses menjadi milik anda, jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.. salam...

    BalasHapus