Tips Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Kurap

Gambar Penyakit Kurap
Penyakit kurap adalah infeksi kulit yang sebabkan oleh jamur (dermatophytes) dan dapat menyerang di badan, kulit kepala, kaki dan juga kuku. Gejala kurap yang paling sering terjadi adalah kulit terasa gatal, merah dan bersisik. Namun bila menyerang kuku maka gejala yang dapat terjadi adalah kuku anda akan berubah warna, terasa tebal dan menyebabkan kerusakan kuku. Penyakit kurap merupakan penyakit menular, penularan utama penyakit kurap adalah melalui kontak langsung baik pada penderita penyakit ini maupun tempat yang tersentuh oleh penderita sehingga bibit penyakit (jamur) menempel pada tempat tersebut. Penyakit kurap ini tidak hanya menyerang manusia tetapi juga dapat menyerang hewan peliharaan anda seperti kucing dan anjing.
Mungkin penyakit kurap relatif mudah disembuhkan dan juga tidak begitu sebahaya penyakit jantung, kanker atau penyakit lainnya. Namun rasa tidak nyaman dan malu tetap saja akan terasa membebani anda. Oleh karena itu seringan apapun penyakit yang diderita kita perlu memberikan perhatian lebih terutama tipe penyakit kulit yang biasanya sangat jelas terlihat oleh mata.

Langkah pencegahan penyakit kurap
Untuk mencegah anda tertular penyakit kurap ini berikut sedikit tips yang dapat anda ikuti:
1.    Bersihkan tangan dan kaki anda termasuk bagian kuku tangan dan kaki.
2.    Jaga lingkungan anda selalu bersih terutama kamar mandi sebab tempat yang lembab merupakan awal dari penyakit ini.
3.    Jangan biarkan topi, selimut, sisir atau jaket anda dipinjam oleh orang lain. Menjaga barang-barang pribadi seperti jaket dan topi merupakan langkah pencegahan penularan penyakit kurap. Karena jamur bisa saja menermpel pada topi dan jaket anda setelah dipinjam oleh orang lain.
4.    Selalu jaga kebersihan pakaian anda. Penggunaan detergen dan air hangat untuk mencuci akan sangat berguna untuk membunuh jamur.
 
Pengobatan Penyakit Kurap
Berikut adalah langkah-langkah untuk pengobatan penyakit kurap:
1.    Bersih daerah yang terserang kurap dengan air dan gunakan juga sabun untuk membersihkan permukaan kulit yang terserang.
2.    Keringkan daerah tersebut secara perlahan menggunakan handuk atau kain yang bersih
3.   Kemudian Oleskan obat kurap (obat jamur) pada permukaan yang terserang jangan lupa perhatikan aturan pakai obat tersebut.  Beberapa obat penyakit kurap adalah Terbinafine hydrochloride, clotrimazole, tolnaftate. Obat penyakit kurap biasanya telah dijual bebas di apotik dan biasanya digunakan dua kali sehari hingga penyakit tersebut hilang (biasanya 2 sampai 3 minggu). Setelah penyakit kurap tersebut sembuh disarankan obat kurap tetap dioleskan selama 1 minggu hingga kulit kembali seperti semula dan bekasnya benar-benar hilang.
4.    Bila penyakit kurap menyerang kaki maka disarankan anda mengganti kaos kaki setiap hari dan selalu cuci kaos kaki tersebut dengan air hangat untuk memastikan jamur benar-benar mati.
5.    Bila penyakit kurap tersebut menyerang kulit kepala (kurap kepala) disarankan anda menghubungi dokter yang kompeten untuk mendapatkan perawatan yang optimal. sebab pengobatan kurap kepala tidak semudah kurap kaki atau tubuh. Untuk pengobatan kurap pada kepala, selain antifungi topikal biasanya juga digunakan juga antifungi oral.

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 02.31

0 komentar:

Posting Komentar