Penyakit Menular Seksual (PMS)

Lindungi Diri Anda Dari Penyakit Menular Seksual
Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit yang ditularkan melalui aktifitas seksual. sebuah penyakit dianggap sebagai penyakit menular seksual apabila aktifitas seksual merupakan salah satu metode utama penyebarannya. Istilah yang lebih luas lagi dari penyakit menular seksual adalah Infeksi menular seksual. Tidak semua infeksi seksual akan menyebabkan gejala penyakit, pada beberapa kasus infeksi tidak menimbulkan gejala apapun bahkan si penderita tidak sadar bahwa dia mengalami infeksi menular seksual. Penularan penyakit seksual dapat terjadi melalui mukosa, cairan dan luka pada kelamin. dengan mengetahui media penularan diharapkan meningkatkan kesadaran kita untuk memberikan perlindungan ekstra bagi kita dan pasangan dengan melakukan aktifitas seks yang sehat

Penyebab Penyakit Menular Seksual
Penyakit menular seksual dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, parasit dan protozoa. beberapa jenis penyakit menular seksual adalah:

Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri, Gonorea disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae, sifilis atau raja singa disebabkan oleh Treponema pallidum, Chlamydia disebabkan oleh Clamydia trachomatis.
Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Virus adalah HIV (Human Immunodeficiency Virus), HPV (Human Papillomavirus) yang merupakan penyebab utama kanker serviks, dan Herpes simplex.
Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh jamur adalah Kandidiasis (infeksi jamur)
Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit adalah scabies dan kutu.

Pengobatan Penyakit menular seksual
pengobatan pada penderita penyakit menular seksual sangat bergantung pada jenis penyakit yang dialami, tingkat infeksi dan reaksi pasien terhadap komponen obat tertentu. obat penyakit menular seksual disesuaikan dengan jenis dan penyebab penyakit tersebut, bila penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri maka biasanya diberikan antibiotik contohnya levofloxacin, golongan dan dosisnya disesuaikan dengan derajat infeksi dan kondisi pasien. berikutnya juga digunakan antifungi, antiviral untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh jamur dan virus.

Pencegahan Penyakit menular seksual
karena penularan penyakit menular seksual terutama oleh aktifitas seksual maka pencegahannya adalah pembatasan aktifitas seksual dan melakukan aktifitas seksual yang baik. berikut pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena penyakit menular seksual.
  • Lakukan seks yang aman, seks yang aman mencangkup dua hal utama yaitu proses seks yang benar dan tidak melakukan gonta-ganti pasangan apalagi dengan mereka yang beresiko tinggi sebagai pembawa penyakit.
  • Vaksinasi, ini adalah salah satu upaya pencegahan utama. saat ini yang sangat digalakkan dan diajurkan adalah vaksinasi HPV (Human Papillomavirus) yang dikenal sebagai salah satu penyebab kanker serviks.
  • Gunakan Pengaman, penggunaan kondom atau pengaman dapat mengurangi resiko tertular penyakit seksual.

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 10.10

0 komentar:

Posting Komentar