Menjaga Kesehatan : Menurunkan Kolesterol dalam darah

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anda adalah dengan menjaga tingkat kolesterol dalam darah. Kesehatan memang salah satu hal yang murah tapi juga dapat enjadi sangat mahal, anda dapat  mendapatkan kesehatan dengan sangat murah bahkan gratis dengan olahraga dan menjaga pola hidup, dan kesehatan dapat menjadi sangat mahal ketika anda mengalami sakit parah. Berbagi kesehatan kali ini akan membahas salah satu cara untuk menjaga kesehatan anda. Tips kali ini adalah tips menjaga kesehatan terutama mengontrol kolesterol dalam darah.

Lemak darah atau lipid, meliputi kolesterol dan trigliserida. Tubuh memerlukan kolesterol dalam tubuh dalam jumlah yang cukup. jika kolesterol dalam darah jumlahnya terlalu banyak dapat menyebabkan hiperlipidemia. Hiperlipidemia dapat menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah arteri (penyempitan pembuluh darah)sehingga meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Lalu dari mana asal kolesterol dalam tubuh? Kolesterol berasal dari tubuh (diproduksi oleh tubuh itu sendiri) 80% dan dari asupan makanan 20%
Kolesterol baik dan jahat
Kolesterol tidak dapat larut dalam darah, karenanya memerlukan zat pembawa berupa protein untuk dapat membawanya keseluruh tubuh, zat pembawa kolesterol tersebut biasa disebut dengan lipoprotein. 2 Jenis Lipoprotein utama adalah:
  • High Density Lipoprotein (HDL); jika kolesterol tersebut dibawa oleh HDL, maka dinamakan kolesterol baik dan menurunkan resiko jantung dan stroke.
  • Low Density Lipoprotein; Jika kolesterol tersebut dibawa oleh LDL, maka dinamakan kolesterol jahat dan meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.
Standar Kadar lemak dalam darah(eropa)
  • Total Kolesterol, kurang dari 5.0 mmol/l (190mg/dl)
  • Kolesterol LDL, kurang dari 3.0 mmol/l (115 mg/dl)
  • Kolesterol HDL, Lebih dari 1.0 mmol/l(40 mg/dl) pada laki-laki, Lebih dari 1.2 mmol/l (46 mg/dl) pada wanita
  • Trigliserida (puasa), kurang dari 1.7 mmol/l (150 mg/dl)
Penyebab Tingginya Kadar Kolesterol Dalam Darah
Penyebab kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat disebabkan karena:
  • Faktor Genetik, ada sebagian orang karena faktor genetiknya memproduksi kolesterol lebih tinggi bila dibandingkan orang lain, pada sebagian orang sedikit saja mengkonsumsi makanan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterolnya. sehingga tidak semua orang memiliki kadar kolesterol sama meskipun pola hidup dan makanan yang dikonsumsi sama,
  • Pola hidup, Pola hidup dalam hal ini terutama adalah makanan. Tingginya kadar lemak/kolesterol dalam darah dapat terjadi karena pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.  makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah terutama adalah yang mengandung lemak jenuh seperti lemak daging dan kelapa.  
Tingginya kadar lemak darah jarang sekali disertai gejala yang dapat dilihat dan dirasakan. Untuk mengetahui kadar lemak dalam darah dianjurkan untuk melakukan test, biayanya juga tidak terlalu mahal (25rb-50rb) dan sudah ada test instan mungkin hanya 2 menit hasil sudah bisa diketahui. Jika memang kadar lemak / kolesterol anda tinggi, berikut adalah tips untuk menurunkan kadar kolesterol darah tersebut:
  • Mengkonsumsi makanan yang seimbang, makanan yang seimbang adalah 60% karbohidrat, 25 persen lemak tidak jenuh, 15 % protein.
  • Makanlah makanan sehat seperti buah dan sayur serta hindari makanan berlemak hewani, lemak jenuh dan makanan berkolesterol tinggi seperti mete. Konsumsi buah dan sayur yang cukup terutama yang mengadung banyak serat sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol darah sebab serat akan mengikat lemak yang berasal dari makanan pada saat proses pencernaan.
  • Pertahankan Berat badan
  • Merubah pola masak, sebisa mungkin hindari memasak dengan menggoreng dan bila memang terpaksa menggoreng maka gunakanlah minyak goreng yang baik.
  • Tetaplah menjaga aktivitas fisik. 
  • Bila memang tindakan diatas belum cukup, mungkin bisa dibantu dengan obat-obatan, seperti obat golongan statin, 
Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat, dan kita selalu diberikan kesehatan

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 07.51

0 komentar:

Posting Komentar