Sistem Tulang

sistem tulang dan sistem otot saling bergantung secara struktur dan fungsi, Interaksi ini disebut sistem Muskuloskeletal.
Sistem Tulang Manusia
Fungsi Tulang adalah sebagai berikut:
1. Penunjang bentuk tubuh (support)
2. Pelindung organ dalam (protection)
3. Penghasil gerakan (movement), kerjasama tulang, persendian dan otot akan menghasilkan gerakan dan dapat mengangkat sesuatu.

4. Tempat penyimpanan (storage) kalsium, fosfor dan mineral lainnya.
5. Hematopoietik, pembentukan sel darah oleh sumsum merah yang terletak pada rongga dalam dari tulang panjang, tulang pipih pada kepala, tulang pelvis, tulang dada dan tulang rusuk.
Struktur Tulang Manusia
Jaringan tulang merupakan jaringan penghubung, seperti jaringan penghubung lainnya, tulang terdiri dari sel-sel yang mempunyai fungsi tertentu, dan matriks yang terdiri dari serat protein dan sustansi dasar. Komposisi tulang adalah, dua pertiga dari berat tulang adalah kalsium fosfat. Interaksi antara kalsium fosfat dan kalsium hidroksida akan menghasilkan kristal hidroksiapatit yang dapat berikatan dengan garam-garam Ca, seperti kalsium karbonat, Ion Na, K dan F. Hampir sepertiga dari tulang adalah serabut kolagen sedangkan osteosit dan sel tulang lainnya hanya 2% dari masa tulang.
Jaringan tulang terdiri dari sel-sel tulang yaitu:
1. Osteosit, Sel tulang dewasa. Terdapat dalam lakuna diantara lapisan matriks tulang yang disebut lamela.
2. Osteoblas, Sel berbentuk kubus. Bertugas mensintesa komponen organik tulang yang disebut osteoid.
3. Osteoklas, Sel berukuran besar. Lisosom osteoklas menghasilkan asam yang melarutkan matriks tulang sehingga kalsium dan fosfor yang tersimpan dapat dilepaskan, proses ini disebut Osteolisis
4. Osteoprogenitor, sel mesenkim yang dapat dipecah menjadi osteoblas
Klasifikasi tulang manusia menurut bentuknya:
1. Tulang panjang, terdiri dari diafisis, epifisis dan rongga sumsum. contoh tulang panjang adalah tulang lengan atas, lengan bawah, paha, tungkai, tumit, serta jari tangan dan kaki
2. Tulang pendek, berbentuk seperti kotak, bagian luarnya kompak sedangkan bagian dalamnya seperti spon. contoh tulang pendek adalah karpal dan tarsus pada pergelangan tangan dan kaki
3. Tulang pipih, memiliki permukaan tipis, kompak dan hampir paralel contoh tulang pipih adalah tulang kepala, tulang dada, rusuk dan skapula. Fungsi tulang pipih adalah melindungi jaringan lunak yang terdapat dibawahnya.
4. Tulang irregular, bentuknya kompleks, terdapat bagian yang pendek, pipih, permukaan bernoktah dan kasar. Contoh tulang irregular adalah tulang belakang (spinal) dan tulang kepala
5. Tulang sesamoid, biasanya kecil, bundar dan pipih. terletak pada sendi seperti lutut, tangan dan kaki. Contoh tulang sesamoid adalah tempurung lutut.
6. Tulang sutura, kecil, pipih dengan bentuk yang aneh. terletak diantara tulang pipih seperti tulang kepala, dihubungkan dengan garis sutura yang berbentuk seperti puzzle.

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 13.46

0 komentar:

Posting Komentar