Malaria | Informasi Penyakit, Gejala dan Pengobatan Penyakit Malaria

Penyakit Malaria adalah suatu penyakit yang disebabkan Protozoa (parasit ber sel tunggal) yang ditularkan melalui nyamuk anopheles betina. oleh karena itu nyamuk anopheles betina juga disebut nyamuk malaria.
Macam-macam Penyakit Malaria

- Malaria tertiana, disebabkan oleh plasmodium vivax cirinya demam berkala tiga hari sekali
- Malaria quartana, disebabkan oleh Plasmodium Malariae cirinya demam berkala empat hari sekali
- Malaria tropikana, disebabkan oleh plasmodium Falciparum, Jenis ini adalah yang paling ganas cirinya demam tinggi dan dapat menyebabkan kematian dalam beberapa hari saja.

Siklus Hidup Parasit Malaria
Siklus hidup malaria sebagian terjadi di dalam tubuh penderita/manusia (siklus aseksual) dan sebagian lagi di tubuh nyamuk (siklus seksual)
Siklus Aseksual Malaria
1. Siklus Hati, Bila seekor nyamuk anopheles betina yang mengandung parasit dalam kelenjar ludahnya menyengat seseorang atau korbannya maka parasit dalam bentuk sporozit masuk ke dalam aliran darah orang tersebut dan terbawa hingga menuju hati. Disini sporozit berkembang dan mengalami pembelahan yang kuat (proses schizogoni ) menjadi schizont. Enam sampai sembilan hari kemudia schizont menjadi masak dan melepaskan diri dari hati sebagai beribu-ribu merozoit. Fase ini disebut Exo Erythrocyter Primer.
2. Siklus darah, Merozoit dari hati sebagian memasuki sel darah merah dan berkembang menjadi trofozoit, sebagian lagi memasuki jaringan limfe dan hati. Fase ini disebut Exo Erythrocyter Secunder. Sedangkan trofozoit dalam sel darah mengalami siklus aseksual lagi, mengalami pembelahan sel ( proses schizogoni). dalam waktu 48-72 jam schizont menjadi masak dan sel darah merah pecah dan melepaskan beribu-ribu merizoit yang akan memasuki sel darah yang masih utuh.
Siklus Seksual
Setelah beberapa kali merozoit mengalami siklus berubah bentuk, Gametosit-gametosit ini tinggal menunggu dihisap kembali oleh nyamuk anopheles betina. Didalam lambung nyamuk terjadi pembuahan dan dalam waktu tiga minggu akan terbentuk sporozoit yang memasuki kelenjar ludah nyamuk dan siap untuk ditularkan lagi.

Residivitas (residif malaria / kambuh)
Pasien penderita malaria yang telah diobati dan merasa sembuh, terkadang beberapa bulan bahkan mungkin beberapa tahun kemudian dapat kambuh lagi. Hal ini di karenakan Exo Erythrocyter Secunder yang masih berada dalam hati atau kelenjar lain, sehingga dalam keadaan tertentu parasit menjadi aktif kembali dan siklus darah malaria dimulai lagi dengan gejala demam dingin dan sebagainya.

Gejala Malaria
Gejala malaria antara lain demam, menggigil, berkeringat dan dapat disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, mual dan muntah. 

Obat Malaria
Obat malaria biasanya digolongkan menjadi empat golongan, berdasarkan kerjanya pada siklus hidup parasit
a. Obat pencegah kausal (propylaktik)
obat-obat ini dapat mematikan sporozoit dan bentuk EE primer dari falciparum dan sebagian vivax. contohnya proguanil dan pyrimetamin. selain itu ada juga obat pencegah klinis yang dapat menghindarkan gejala demam dingin contohnya kinin dan meparcin.
b. Obat penyembuh (kurativ)
Obat ini dapat memusnahkan trofozoit sehingga tidak terjadi proses schizogoni
c. Obat pencegah kambuh (anti recidium), obat ini dapat mematikan EE sekunder
d. obat Gametosid, mencegah ditularkannya penyakit pada nyamuk dengan mematikan bentuk seksual dari parasit sehingga malaria tidak menular ke orang lain.
Jenis Obat malaria yang umum dipakai adalah kinin, kloroquin, primaquin, pyrimethamin, proquanil,  dan ada juga obat alternatif seperti kina. Setiap obat memiliki keunggulan dan efeksamping sendiri. Misal Kinin bekerja sebagai schizonticid kuat dan mematikan trofozoit dalam sel darah merah namun kinin tidak efektif terhadap bentuk EE sekunder. Efek samping kinin pada dosis tinggi adalah oksitosik, sehingga kinin juga dikenal sebagai abortivum (obat penggugur) efek samping pada dosis biasa adalah terkadang pusing, telinga berdengung, gemetaran, dll (mungkin cukup segitu aja infomasi obat malarianya sebab kalo mau di tulis semua (detail, mekanisme kerja obat, efek samping, fungsi) obat malaria nya capek ngetiknya, :)


Pencegahan Malaria
Untuk pencegahan malaria dianjurkan minum obat malaria (misal proguanil atau pirimethamin) seminggu sebelum berangkat sampai 4 minggu setelah meninggalkan daerah malaria.

Kriteria penderita malaria yang perlu mendapatkan rawat inap:
Bila penderita mengalami satu atau lebih gejala dibawah ini:
1. Malaria dengan komplikasi
2. Malaria congenital pada bayi
3. Hiperparasitemia. (Parasitemia > 5 %)
semoga bermanfaat

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 02.00

0 komentar:

Posting Komentar