Infeksi Saluran Kemih, gejala dan pengobatan

Infeksi adalah masuknya organisme asing yang bersifat patogen dalam tubuh. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi pada pada saluran kemih yaitu ureter, kandung kemih dan uretra. Jenis bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi pada saluran kemih adalah Escherichia coli, Klebsiella, Enterobacter aerogenes, Pseudomonas aeruginosa, Enterokokus faecalis. Pada umumnya gejala yang mudah untuk di lihat saat terjadinya infeksi adalah peningkatan suhu tubuh. Namun pada kasus infeksi saluran kemih tidak semuanya memiliki gejala, pada beberapa kasus memang infeksi saluran kemih tidak menimbulkan gejala apapun (sekitar 10% ISK tidak memiliki gejala)
Bila memang ada gejala, gejala yang umum ditimbulkan pada infeksi saluran kemih adalah

1. Sakit ketika berkemih atau kencing terutama sekali setelah kencing
2. Ayang-anyangan
3. Sakit pada pinggang
4. Pada tingkat lanjut infeksi saluran kemih dapat menimbulkan demam
Pengobatan Infeksi saluran kemih yang paling lazim adalah penggunaan antibiotik baik itu terapi tunggal maupun terapi kombinasi. namun ada juga beberapa alternatif untuk mengobati infeksi saluran kemih yaitu penggunaan obat herbal atau tanaman obat tradisional seperti temu hitam untuk kasus kencing berdarah.
Seperti kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. untuk mengurangi resiko terkena infeksi saluran kemih berikut adalah beberapa tips yang mungkin anda dapat lakukan:
1. Jangan menahan kencing terlalu lama
2. Bila anda terpaksa untuk kencing di daerah rawan infeksi seperti rumah sakit disarankan jangan membasuh dengan air dari dalam bak mandi atau tampungan air tapi gunakanlah air langsung dari kran yang mengalir,  karena kemungkinan adanya bakteri pategen dalam bak air lebih tinggi daripada air yang langsung dari kran
3. Bila anda buang air kecil atau air besar yang bukan di daerah yang "aman" maka pilihkan Toilet jongkok. karena dengan menggunakan toilet jongkok, bersentuhan dengan dinding atau area toilet lebih kecil bila dibandingkan toilet duduk. bila terpaksa di toilet duduk maka bersihkan dahulu permukaan toilet tersebut
3. Seringlah membersihkan daerah saluran kencing terutama dengan sabun
4. Perbanyaklah minum terutama air putih

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 23.05

0 komentar:

Posting Komentar