Farmakokinetik

Farmakokinetik Obat adalah proses perjalanan obat yang berlangsung di dalam tubuh manusia mulai dari masuknya obat ke dalam tubuh hingga hilangnya obat dari dalam tubuh, Farmakokinetik obat mencangkup absorpsi obat, distribusi obat, metabolisme obat (biotransformasi obat) dan ekskresi obat.

Mekanisme pengangkutan obat untuk melintasi membran sel ada dua cara
1. Secara pasif, artinya tanpa menggunakan energi

   a.       Filtrasi, melalui pori-pori kecil dari membran misalnya air dan zat hidrofil
    b.      Difusi, zat melarut dalam lapisan leman dari membran sel
2. Secara aktif, artinya menggunakan energi
Pengangkutan dilakukan dengan mengikat zat hidrofil (makromolekul atau ion) pada enzim pengangkutan spesifik. Setelah melalui membran obat di lepaskan lagi.

A.    Absorpsi obat
Proses absorpsi  obat sangat penting untuk menentukan efek obat, pada umumnya obat yang tidak di absorpsi tidak akan memberikan efek kecuali pada obat tertentu misalnya antasida dan obat yang bekerja lokal.
Faktor yang mempengaruhi Absorpsi obat adalah
1.       Kelarutan obat, semakin mudah obat larut akan semakin mudah di absorpsi
2.       Kemampuan difusi obat, semakin cepat terjadi difusi semakin cepat obat di absorpsi
3.       Konsentrasi obat, semakin tinggi konsentrasi obat semakin cepat di absorpsi
4.       Sirkulasi pada letak absorpsi, jika tempat absorpsi obat memiliki banyak pembuluh darah maka absorpsi obat akan semakin cepat
5.       Luas permukaan kontak obat, obat akan lebih cepat di absorpsi oleh bagian tubuh yang memiliki luas permukaan besar misalnya mukosa usus, usus halus yang mempunyai banyak villi
6.       Bentuk sediaan obat, kecepatan absorpsi obat tergantung dari kecepatan pelepasan obat dari bahan pembawa dan kecepatan kelarutan obat misalnya urutan kecepatan pelepasan obat bentuk oral adalah sebagai berikut yang pertama adalah larutan dalam air suspensi-serbuk-kapsul-tablet selaput gula-tablet selaput enterik.
7.       Cara pemakaian obat, pemakaian obat ada bermacam-macam caranya misalnya oral, sublingual, rectal, parental, endotel paru-paru, topical, urogenital, vaginal

B.       Distribusi
Obat setelah diabsorpsi akan tersebar melalui sirkulasi darah ke seluruh badan dan harus melalui membrane sel agar mencapai tepat pada daerah letak aksi. Molekul obat yang mudah melintasi membran sel akan mencapai semua cairan tubuh baik intra maupun ekstra sel, sedangkan obat yang sulit menembus membrane sel maka penyebarannya umumnya terbatas pada cairan ekstra sel. Kadang-kadang beberapa obat mengalami kumulatif selektif pada beberapa organ dan jaringan tertentu karena adanya proses transport aktif, pengikatan zat tertentu atau daya larut obat yang lebih besar dalam lemak.

 C.      Metabolisme obat (Biotransformasi obat)
Pada umumnya obat dimetabolisme oleh enzim mikrosom di retikum endoplasma sel hati. Pada proses metabolisme, molekul obat dapat berubah sifat antara lain menjadi lebih polar.
Proses metabolisme obat memegang peranan penting dalam waktu efek obat. Faktor yang mempengaruhi metabolisme obat adalah:
-          Fungsi hati
-          Usia, pada bayi metabolism obatnya lebih lambat
-          Faktor genetik
-          Adanya pemakaian obat lain secara bersamaan.

D.      Ekskresi obat
Ekskresi obat atau metabolitnya dari tubuh utamanya dilakukan oleh ginjal melalui air seni, namun ada juga beberapa cara lain untuk ekskresi obat yaitu:
-          Ekskresi obat di Kulit bersama keringat
-          Ekskresi obat di paru-paru bersama pernapasan misal obat anestesi gas
-          Ekskresi obat di Hati melalui saluran empedu
-          Ekskresi obat melalui Air susu ibu (ASI) misalnya obat tidur, alcohol
-          Usus misalnya sulfa dan preparat besi
Obat dapat dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk metabolit hasil biotransformasi atau bentuk asalnya.

Gambar Proses Farmakokinetik Obat


 

semoga postingan farmokokinetik ini bermanfaat

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 17.56

1 komentar:

  1. maksih dah bagi-bagi ilmu tentang farmakokinetik. kalau bisa sekalian rumus hitungannya dong

    BalasHapus