Sistem Saraf Manusia - Susunan Saraf

Setiap rangsangan perubahan linkungan akan diterima dan disalurkan melalui sistem saraf pusat (SSP) yaitu sumsum tulang belakang dan otak. Rangsangan ini akan diproses dalam SSP dan dihantarkan kembali melalui saraf ke otot dan kelenjar-kelenjar tubuh. Pada sistem saraf, semua rangsangan yang diterima dihantarkan ke antar sel jaringan melalui impuls listrik dan senyawa kimia (neurotransmitter). Beberapa jenis neurotransmitter antara lain ACh (Acetylcholine), Epinerfin, Dopamin, GABA.

Susunan saraf terdiri dari:
1. SISTEM SARAF PUSAT ( Central Nervous System)
mencangkup:
a. Otak Besar (Cerebrum), adalah bagian otak yang paling besar kira-kira 85% yang terdiri dari 2 buah hemisphere. Bagian luarnya disebut cortex cerebri yang banyak mengandung lekukan (gyrus dan sulcus). Di bawah substansia grisea cortex cerebri terdapat substansia alba, dan di bawahnya loagi terdapat ganglia basalis.
Fungi Otak besar (Cerebrum) adalah
  • Mengingat pengalaman masa lalu
  • Pusat persarafan yang menangani aktifitas mental, akal, kecerdasan, keinginan dan memori.
  • Pusat menangis, buang air kecil dan besar.
b. Otak kecil (cerebellum), merupakan pusat koordinasi untuk gerakan otot dan terletak di belakang batang otak. Fungsi otak kecil (cerebellum) antara lain:
  • Untuk keseimbangan dan pendengaran
  • Mengatur gerakan sisi badan dan menerima informasi gerakan yang sedang dan akan dikerjakan badan
  • Pusat penerima impuls dari reseptor sensasi umum medula spinalis, kelopak mata, rahang atas dan bawah, otot pengunyah dan nervus vagus.
c. Diencephalon mencangkup thalamus dan hipothalamus.Thalamus mempunyai 4 aktifitas utama yaitu sistem sensorik, penghalusan gerakan motorik, pembangkit aktivitas fisiologis otak, membantu regulasi emosi dan tingkah laku. Hipothalamus mempunyai fungsi integrasi Sistem Saraf Otak, regulasi temperatus, keseimbangan cairan dan elektrolit, integrasi sirkuit siklus bangun-tidur, intake makanan, respons tingkah laku terhadap emosi dll. Epithalamus berkaitan dengan refleks-refleks sistem optik.

d. Batang otak (mesensefalon) mencangkup otak tengah, pons, dan medula oblongata. Batang otak adalah pangkal otak yang meneruskan pesan-pesan antara medula spinalis dan otak. Otak tengah merupakan pusat koordinasi gerakan bola mata dan kepala, regulasi mekanisme untuk fokus pengelihatan dan pengaturan ukuran pupil terhadap rangsangan cahaya. Pons bagian dorsal merupakan pusat pernapasan dan bagian ventral merupakan tempat pengaturan gerakan volunteer. Medulla oblongata merupakan tempat inti dari 7 buah saraf kranila.

Medulla Spinalis
Pada medula spinalis terdapat 2 substansia:
1. Substansia Alba disebelah luar
2. Substansia Grisea disebelah dalam
Fungi medulla spinalis adalah (1) pusat gerakan otot tubuh terbesar di kornu motorik dan kornu ventralis, (2) mengurus kegiatan refleks-refleks spinalis serta reflek lutut (3) menghantarkan rangsangan koordinasi dari otot dan sendi ke cerebelum, (4) sebagai penghubung antar segmen medula spinalis (5) mengadakan komunikasi antara otak dengan semua bagian tubuh.

2. SISTEM SARAF PERIFER/TEPI (peripheral Nervous System)
mencangkup:
12 pasang saraf pusat kranial
31 pasang saraf spinal rinciannya 8 pasang cervial, 12 pasang thoral, 5 pasang lumbal, 5 pasang sakral, 1 pasang coccygell
semoga bermanfaat

Posted by: Polobye Sidauruk
Berbagi Informasi Updated at: 16.58

0 komentar:

Posting Komentar